Jumat, 13 November 2009

Tari Bengkulu

1. Tari Andun

Tari Andun merupakan salah satu tarian rakyat yang dilakukan pada saat pesta perkawinan. Biasanya dilakukan oleh para bujang dan gadis secara berpasangan pada malam hari dengan diringi musik kolintang. Pada zaman dahulu, tari andun biasanya digunakan sebagai sarana mencari jodoh setelah selesai panen padi. Sebagai bentuk pelestariannya, saat ini dilakukan sebagai salah satu sarana hiburan bagi masyarakat khususnya bujang gadis.

2. Tari Persembahan

Tari persembahan merupakan tari menyambut tamu penting yang datang di suatu daerah di Kabupaten Seluma. Tamu yang datang disambut dengan permainan pencak silat yang dimainkan oleh 2 orang laki-laki dengan iringan rebana. Kemudian tamu dipersilahkan berjalan dan disambut oleh pasangan bujang gadis yang berpakaian adat daerah yang menawarkan sekapur sirih untuk dikunyah sebagai simbol penerimaan masyarakat terhadap tamu yang datang.

3. Bedendang

Bedendang merupakan kesenian masyarakat yang dimainkan pada malam hari pada kegiatan perkawinan. Para pemainnya umumnya laki-laki dengan alat musik pendukung lainnya. Disamping itu, secara bergiliran para pemain musik tersebut juga memainkan tarian secara berpasangan.

4. Rebana

Rebana merupakan kesenian masyarakat yang dimainkan oleh para ibu-ibu atau kaum perempuan pada waktu ada keramaian baik desa. Rebana dimainkan untuk mengiringi lagu yang dibawakan seseorang.

5. Tari Ulu-Ulu

Tarian khas rakyat Seluma ini biasanya diselenggarakan pada saat tertentu misalnya pawa waktu pesta pernikahan.

1 komentar: